HARGA BBM: Tidak Ada Instruksi Penurunan, Kata Sudirman Said

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, Presiden Joko Widodo tidak memerintahkan penurunan harga bahan bakar minyak dalam waktu dekat.

"Kementerian ESDM baru diminta (Presiden) mengkaji kemungkinan perubahan harga BBM. Tidak ada sama sekali perintah (dari Presiden) menurunkan harga BBM," katanya dalam rilis dikutip di Jakarta, Sabtu (3/10/2015).

Read more ...

Paket Kebijakan, Penopang IHSG

 

Paket kebijakan, penopang IHSG

 

JAKARTA. Paket kebijakan ekonomi jilid II oleh pemerintah menjadi bantalan bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Selama sepekan, IHSG melemah tipis 0,04%. 

Tapi, pada penutupan perdagangan Jumat (2/10), IHSG anjlok 1,11% ke 4.207,80. 

Muhammad Wafi, Analis Bahana Securities, memaparkan selama tiga hari IHSG reli naik akibat rilis paket kebijakan ekonomi jilid II yang direspon positif oleh pasar. Di sisi lain terdapat sentimen eksternal yaitu penguatan harga komoditas.

Read more ...

Rencanakan Penurunan Harga BBM dan Bunga Bank di Paket Ekonomi Jilid III

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin paket kebijakan ekonomi yang “nendang”. Namun, tendangan paket jilid I dan II sepertinya belum bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Untuk itu, pada paket kebijakan jilid 3, Jokowi menyiapkan jurus yang lebih ampuh.

Jokowi mengatakan, paket kebijakan ekonomi jilid 3 harus memiliki efek jangka pendek dan bisa dirasakan langsung  manfaatnya oleh masyarakat dan pelaku usaha. Salah satunya terkait harga bahan bakar minyak (BBM).

“Tolong dihitung lagi, apakah premium itu bisa diturunkan (harganya) meskipun sedikit,” ujarnya saat memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Kamis (1/9).

Jokowi mengakui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menyatakan jika harga BBM jenis solar dan premium tidak akan berubah hingga Januari 2016 mendatang. Namun, dia menyebut jika saat ini pemerintah butuh kebijakan yang bisa ditangkap secara nyata dan konkret untuk menggairahkan perekonomian.

Karena itu, dia pun meminta Kementerian ESDM dan Pertamina untuk mengkalkulasi ulang kemungkinan penurunan harga BBM. “Sebab, negara ini sedang membutuhkan,” katanya.

Read more ...